KOMPETISI FILM NASIONAL PELAJAR REKAM PESISIR

POSTER PELAJAR FFB IG-juliPOSTER KET PELAJAR FFB-juli

CATATAN AWAL

Mitos dan beragam kisah tentang laut-bahari-maritim-pesisir ada sejak Indonesia belum merdeka. Sebagian cerita memposisikan ekosistem laut-bahari-maritim-pesisir sebagai pemeran antagonis dalam kehidupan. Ada upaya pengaburan informasi tentang potensi kekayaan laut-bahari-maritim-pesisir oleh pihak tertentu agar bangsa Indonesia tidak mengeksplorasi secara maksimal. Festival Film Bahari merupakan salah satu ruang yang didedikasikan untuk belajar bersama tentang potensi-potensi baik dan luar biasa yang dimiliki laut-bahari-maritim-pesisir Indonesia. Melalui karya-karya film pendek pelajar yang beraneka warna dan menjadikan laut-pesisir dan sekitarnya sebagai subyek idenya, program kompetisi nasional ini diharapkan menjadi salah satu ajang untuk belajar mengenal lebih dekat dengan dunia laut-bahari-maritim-pesisir.

Memanggil pelajar nusantara untuk mengikuti Kompetisi Pelajar Rekam Pesisir. Ikutkan karyamu. Mari berproses bersama!

KETENTUAN KOMPETISI

  1. Peserta adalah pelajar SMA/SMK/MA dan yang setara di Indonesia.
  2. Kategori Fiksi, Dokumenter, dan Eksperimental.
  3. Tema: Pesisir Perangkai Nusantara.
  4. Pendaftaran tidak dipungut biaya (GRATIS).
  5. Durasi maksimal 10 (sepuluh) menit (sudah termasuk opening dan credit title).
  6. Tahun produksi 2013-2018.
  7. Karya dibuat individu/kelompok, dalam satu sekolah yang sama/berbeda, dan dikirimkan atas nama sekolah/lembaga pendidikan/sanggar/komunitas yang diikuti sutradara.
  8. Tim pembuat film adalah pelajar/usia pelajar yang masih aktif saat melakukan produksi/shooting (dibuktikan dengan scan kartu pelajar/KTP terbaru, minimal yang dimiliki oleh sutradaranya).
  9. Karya yang menggunakan bahasa lokal/daerah wajib diberi subtitle atau teks bahasa Indonesia.
  10. Boleh mengirimkan lebih dari 1 (satu) karya.
  11. Karya yang pernah mengikuti festival/kompetisi lain boleh diikutsertakan.
  12. Karya diunggah ke YouTube.com, kemudian link-nya dikirimkan ke: festivalfilmbahari@gmail.com paling lambat 1 Juli 2018, pukul 23:30 wib, bersama dengan formulir pendaftaran yang sudah diisi dan berkas lainnya.
  13. Musik/lagu dan materi lainnya (foto, video, grafis, dll) yang digunakan dalam karya tidak boleh menggunakan hak milik orang lain, kecuali ada ijin tertulis dari pembuatnya. Peserta bertanggungjawab sepenuhnya atas hal ini jika ada tuntutan pihak lain di kemudian hari.
  14. Hak cipta karya milik peserta. Khusus untuk kepentingan publikasi dan edukasi yang berhubungan dengan Festival Film Bahari, penyelenggara dapat menggunakan karya peserta (sebagian/utuh). Selain itu, karya terpilih juga akan ditampilkan di situs media/lembaga nirlaba lainnya yang menjadi mitra Festival Film Bahari, misal: FilmPelajar.com.
  15. Keputusan juri adalah mutlak, tidak dapat diganggu gugat. Jika dikemudian hari didapatkan bukti bahwa karya pemenang diragukan keasliannya, maka penyelenggara berhak membatalkan dan menarik penghargaan yang sudah diberikan.

PENGHARGAAN

Kompetisi Nasional “Pelajar Rekam Pesisir” Festival Film Bahari 2018 memberikan penghargaan non-moneter dalam bentuk piala dan sertifikat.

  1. Bahari Award

Diberikan untuk Film Pendek Pelajar Terbaik Kategori Fiksi.

Kriteria yang akan dinilai oleh Juri meliputi kesesuaian ide pokok/gagasan dengan tema, cerita, gaya bertutur, dan elemen teknis gambar serta suara.

    2. Baruna Award

Diberikan untuk Film Pendek Pelajar Terbaik Kategori Dokumenter.

Kriteria yang akan dinilai oleh Juri meliputi kesesuaian ide pokok/gagasan dengan tema, cerita, gaya bertutur, dan elemen teknis gambar serta suara.

  3. Pesisir Award

Diberikan untuk Film Pendek Pelajar Terbaik Kategori Eksperimental.

Kriteria yang akan dinilai oleh Juri meliputi kesesuaian ide pokok/gagasan dengan tema, keberanian melakukan eksperimentasi gaya bertutur (gambar dan suara), dan elemen teknis gambar serta suara.

Contact Person:

Irfan 082216065219 – 082214237318

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close