Cerita Pesisir

WhatsApp Image 2017-08-02 at 08.17.40

Pesisir…

Inilah ruang, awal bermulanya sebuah sejarah. Orang datang, pergi, dan datang kembali..menghuni, mempertahankan hidup, lalu berkembang dalam jumlah. Membawa, mengambil, dan menyimpan…hasil bumi, peralatan hidup, kebiasaan yang sudah membudaya, kemudian menciptakan budaya lain yang baru, hasil perkawinan silang kebiasaan lama dengan yang baru.

Pesisir..

Seperti lumrahnya manusia hidup yang berusia renta, yang hanya memiliki sejarah hidup untuk diceritakan, bukan memberikan ceramah seolah dia titisan yang maha mulia. Pesisir bercerita melalui sejarah. Dialah salah satu penyimpan sejarah yang tak terukur usianya. Saksi bisu beribu peristiwa di sepanjang Nusantara.

Pesisir..

Orang berlalu-lalang, menjadikannya pelarian sejenak dari kerumitan hidup masing-masing manusia yang menuai cantiknya, mungkin lebih banyak dari jumlah penduduk di sekitar pesisir itu sendiri, yang mencari penghidupan, menghidupi dan menghidupkan entitas ruang itu sendiri.

Pesisir..

Salah satu ruang terbuka di mana tiap makhluk boleh berdiri tegap, untuk menyadari tanpa halang merintang, untuk mengamini sebuah logika tanpa teori penyangkal, bahwa semesta adalah tak terukur.

Memuliakan kemanusiaan adalah memuliakan tempat untuk hidup, menghidupi dan menghidupkan. Memuliakan Nusantara, salah satunya ialah memuliakan semesta pesisir, yang tak kalah berperan dalam sejarah panjang Nusantara.

Itu ceritaku.

Apa ceritamu tentang pesisir?

Rahayu. Bahari.

Brian Banyu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close