Pesisir Perangkai Nusantara

 

Untitled-1

Halo kawan!

Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar kata pesisir? Bau amis ikan asin yang terpanggang dibawah sinar matahari? Bentangan garis pantai yang memisahkan daratan dan lautan? Atau dendang dangdut pantura lengkap dengan lirikan biduannya?

Soegiarto, 1976, mendefinisikan pesisir sebagai sebuah daerah pertemuan antara darat dan laut. Menarik bukan, pesisir adalah ruang tamu, jika bentang alam nusantara adalah rumahnya. Bertemunya laut dan pasir, juga manusia dan budayanya yang menghasilkan anak-anak tradisi turun temurun yang kini terus coba dipertahankan ditengah arus jaman yang berlari cepat.

Tubuh Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar didunia, memiliki pantai dengan panjang mencapai 95.181 km (World Resources Institute, 1998), luas wilayah laut 5,4 juta km2, mendominasi total luas teritorial Indonesia sebesar 7,1 juta km2. Aset ini menempatkan Indonesia sebagai negara yang dikaruniai sumber daya kelautan yang terbesar di dunia, termasuk di dalamnya kekayaan keanekaragaman hayati dan non-hayati. Maka, menjadi poros maritim dunia merupakan sebuah keniscayaan, yang harapannya semakin memperkuat basis ekonomi, sosial, dan budaya masyarakat pesisir dan sekitarnya.

Tentunya kita juga sudah sering mendengar kehebatan nenek moyang kita di lautan. Jauh sebelum nama Indonesia ada, Nusantara dikenal sebagai bangsa yang memiliki rekam jejak panjang kearifan budaya maritimnya. Hal ini bisa kita baca pada beberapa literatur China, serta risalah-risalah musafir Arab dan Persia, yang menuliskan kisah tentang tradisi besar kelautan nenek moyang bangsa Indonesia.

Nah, untuk merayakan dan mengingat kembali kekayaan kelautan kita, sebuah komunitas film dari Cirebon, berencana menggelar Festival Film Bahari, dengan tema Pesisir Perangkai Nusantara.

Seperti apa programnya? Nantikan terus infonya ya. Mohon doa restu dari sedulur semua. Salam!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close